Cara Membuat Kue Abuk

DapurPesbuk | Sebelum kita ketahap pembuatan "Kue abuk" perlu kita ketahui bahwa kue abuk ini adalah jenis kue tradisional khas Betawi. Bahan utama untuk membuat kue abuk ini gampang dengan bahan dasar tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Seperti kue tradisional pada umumnya, kue abuk dikukus dalam bungkusan berbentuk kerucut dari daun pisang.

Kue abuk memiliki tekstur yang lembut dan empuk dengan rasa manis legit. Kue abuk ini pada umumnya terbuat dari tepung ketan tapi juga bisa dibuat dengan tepung singkong dan tepung beras. Kue abuk sering kita jumpai dengan berbagai macam-macam varian , misalnya kue abuk mutiara yang terbuat dari sagu mutiara.

CARA MEMBUAT KUE ABUK KHAS BETAWI

Bahan-bahan dasar membuat (membikin) kue abuk spesial :


- 400 gr tepung beras

- 2 sdm tepung sagu

- 200 gr gula merah, sisir

- 1 buah kelapa setengah tua, diparut

- 1 sdt garam

- Air secukupnya

- Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara membuat / mengolah kue abuk spesial :

 

1. terlebih dahulu campurkan tepung beras, tepung sagu serta garam. aduk rata.

2. masukkan kelapa parut dan tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan supaya semua bahan tercampur rata.

3. ambil 2 sdk sayur adonan kue, letakkan diatas daun pisang, beri gula merah sisir pada bagian tengah adonan, lalu dibungkus. Lakukan hingga adonan habis.

4. kukus kue sampai matang. angkat.

5. kue abuk siap disajikan.

Demikianlah Cara membuat/mengolah kue abuk spesial. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa menambah perbendaharaan wawasan kuliner bagi anda. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba. Jangan lewatkan untuk membaca artikel kami lainnya.
 Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kandungan Nutrisi Dalam Petai

Resep dan Cara Membuat Kue Janda Enak Khas Sulawesi

Resep Puding Karang Cincau Gula Merah