Resep dan Cara Membuat Kue Janda Enak Khas Sulawesi

Resep Kue Janda


Dapurpesbuk |  Dalam menyambut waktu berbuka puasa biasanya banyak makanan yang dipersiapkan untuk dijadikan appetizer, hidangan pembuka atau takjil buka puasa. Makanan tersebut dapat berupa kue-kue, kolak atau makanan yang berasa manis.

Salah satu kudapan khas daerah Sulawesi dengan nama cukup unik Yaitu kue janda , yaitu kue basah yang biasa dibuat untuk hidangan saat berbuka atau juga cemilan dan makanan ringan. Meski namanya kue janda tetapi kue yang berbahan dasar Ubi ini tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan status sosial. Saat dinikmati sebagai cemilan biasanya kopi atau teh hangat menemani kehadiran kudapan khas sulawesi ini. Komposisi dalam pembuatan kue ini cukup sederhana dan pastinya mudah didapat. Bagi yang ingin mecoba membuatnya bisa menyimak resepnya berikut ini.

Bahan Kue Janda Sulawesi

  • Suingkong secukupnya, parut halus
  • Pisang raja/kapok secukupnya, potong-potong
  • Kelapa parut secukupnya
  • Garam, gula pasir dan vanili secukupnya
  • Daun pandan suji secukupnya, tumbuk halus untuk pewarna

Cara Membuat Kue Janda Makanan Ringan Enak Untuk Buka Puasa

  1. Lepas kulit singkong lalu bersihkan dan parut sampai halus.
  2. Campurkan parutan halus singkong dengan garam dan vanili, aduk-aduk supaya merata lalu sisihkan.
  3. Haluskan daun pandan suji dengan cara ditumbuk lalu peras untuk mendapatkan airnya. Air pandan suji yang berwarna hijau ini kemudian disiramkan para parutan singkong, aduk-aduk kembali parutan singkong supaya hijau merata.
  4. Lepas kulit pisang, kemudian potong-potong.
  5. Gulung potongan pisang dengan parutan singkong lalu masukkan ke dalam pengukusan dan kukus sampai matang. Supaya bentuknya tidak hancur, anda bisa membungkus gulungan parutan singkong berisi potongan pisang dengan daun pisang terlebih dahulu sebelum dikukus. Proses pembungkusannya dilakukan seperti pada lontong dengan bulat memanjang.
  6. Angkat bungkusan daun pisang berisi kue janda yang sudah dikukus matang, kemudian buka daun pisangnnya dan potong kue janda menjadi beberapa bagian kecil.
  7. Letakkang potongan kue janda di atas piring lalu beri taburan gula pasir dan parutan kelapa. Sajikan.
Kue janda ini bisa anda nikmati untuk sekedar cemilan saja atau juga biasanya dibuat untuk disiapkan nanti saat berbuka puasa.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kandungan Nutrisi Dalam Petai

Resep Puding Karang Cincau Gula Merah